Sabtu, 11 Agustus 2012

beberapa istilah senam lantai


Makalah Penjaskes
KELAS 10



Rizky Andini Sekar Putri
Nisa Y. R.


SMK KEPERAWATAN HARAPAN BHAKTI


Beberapa istilah senam lantai.


 Forward Roll
Definisi guling ke depan atau pengertian guling ke depan adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan (tengkuk, punggung, pinggang dan panggul bagian belakang). Latihan ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu guling ke depan dengan sikap awal jongkok dan guling ke depan dengan sikap awal berdiri.


Back Forward Roll
 Senam lantai roll belakang adalah gaya gerakan senam yang dimana posisi badan berguling ke arah belakang badan melalui bagian belakang badan mulai dari panggul bagian belakang,pinggang, punggung, dan tengkuk

Squat Roll
Squat adalah latihan beban yang paling tepat untuk membentuk otot paha bagian depan dan otot pantat. Namun, squat dapat mencederai punggung dan leher Anda bila tidak dilakukan dengan benar. Luruskan punggung ketika squat sehingga tulang punggung Anda tidak terbebani.



 Brug (Kayang)
Kayang adalah posisi kaki bertumpu dengan empat titik alam keadaan terbalik dengan meregang dan mengangkat perut dan panggul. Nilai dari pada gerakan kayang yaitu dengan  menempatkan kaki lebih tinggi memberikan tekanan pada bahu dansedikit pada pinggang.


 Radslag (baling-baling)
Radslag adalah suatu gerakan ke samping dengan bertumpu atas kedua tangan dan kaki terbuka lebar. Meroda dapat dilakukan dengan gerakan ke kiri dan ke kanan. Gerakan ini kelihatannya mudah untuk  dilakukan, tetapi gerakan ini memerlukan koordinasi
gervkan yang tinggi. Tanpa adanya koordinasi yang baik maka gerakan ini sukar dilakukan

 Handstand
Berdiri dengan Kepala (Headstand) Berdiri dengan kepala adalah sikap tegak dengan bertumpu pada kepala dan ditopang oleh kedua tangan.


Back Summer Fault

1.     Dari sikap berdiri tegak di sertai ayunan kedualengan lurus keatas
2.     Saat badan mencapai titik tertinggi, lemparkan kepala ke belakang dan lipat depan lutut depan pada dada , tangan memegang tungkai bawah
3.     Setelah badan berputar tiga perempat putaran, tungkai diluruskan siap  untuk mendarat . saat mendarat kaki mengeper lengan sorong keatas.






Tiger Sprong
Secara prinsip teknik gerakan loncat harimau tidak jauh berbeda dengan teknik gerakan roll ke depan.
Loncat harimau adalah sikap loncatan membusur dengan kedua tangan lurus ke depan pada saat melayang dan diteruskan dengan gerakan mengguling ke depan dan sikap akhir jongkok.
Cara melakukannya sebagai berikut:
a.       Berdiri tegak, kedua lengan lurus di samping, pandangan lurus ke depan.
b.      Kedua kaki menolak pada papan tolak disertai ayunan lengan keatas, badan melayang, tangan menumpu pada pangkat kuda-kuda, dan pandangan dipusatkan di depan dekat tangan.
c.       Kedua tangan menolak dengan sekuat tenaga dan lutut di lipat ke dada. Luruskan tungkai saat berada diatas ujung kuda-kuda.
d.      Sikap akhir jongkok terus berdiri.
Flik-Flak
Gerakan flik - flak dapat dilakukan dengan baik jika telah menguasai beberapa gerakan dasar, seperti:
·       Roll ke belakang dengan sempurna
·       Lenting tangan (handspring) sudah baik
·       Sikap kayang sudah cukup lenting terutama jika kayang dimulai dari sikap berdiri
·       Cara melakukan gerakan flik - flak adalah sebagai berikut:
·       ancang - ancang dengan berdiri tegak.
·       Lakukan gerakan melenting ke belakang sehingga kedua lengan (telapak tangan) menempel atau menapak di lantai
·       Setelah itu, lakukan tolakan kedua kaki ke atas sehingga kedua kaki berputar ke atas, kemudian kedua kaki secara bersama - sama mendarat dalam posisi berdiri kembali





Round of
Round off adalah : Suatu satuan gerakan yang terdiri dari :
1.      Melakukan hand stand dengan berputar pada sumbu tegak.
2.      Menolak dengan ke 2 tangan tumpuan pada saat ke 2 kaki akan mendarat di lantai.
Cara melakukan :

a)     Melakukan hand stand (bagi anak yang belum bisa melakukan hand stand dilakukan dengan bantuan). Mengangkat 1 tangan dari lantai, tangan kanan dan kiri bergantian.
b)     Sama dengan atas, tetapi tangan yang diangkat ditempatkan di depan, kemudian memindahkan tangan yang lain disisi tangan yang pertama tadi, badan berputar pada sumbu tegak. Pada latihan 1 dan 2 saat kembali berdiri dengan cara bebas.
c)      Melakukan hand stand dengan meletakkan ke 2 tangan menghadap arah datang, jadi pada saat ke 2 tangan mendekat ke lantai, ke 2 tangan diputar sedemikian hingga ujung jari menghadap arah datang. Pada latihan ini tetap dibantu hingga sikap hand stand.
d)     Melakukan latihan 3. Pada saat ke 2 kaki rapat akan turun dengan tolakan ke 2 tangan meninggalkan lantai.
e)     Melakukan latihan 3 dan 4 dengan irama yang cepat. Bila perlu tetap dibantu, terutama sikap hand stand yang berlangsung sangat singkat.Agar bisa melatih kekuatan tangannya dengan baik.
f)      Melakukan latihan 5, yang dilakukan cepat dengan awalan 2/3 langkah. Dengan tangan langsung menyentuh matras dan kemudian kaki langsung lurus ke atas


Summer Fault
Latihan pribadi yang harus lebih diperhatikan untuk menunjang kemampuan salto antara lain : kelenturan keseluruhan otot tubuh, jeda gerak layang, cara bernafas (tarikan,hembusan dan penahanan nafas), tenaga kaki dan putaran pinggang.
 Cara Latihan salto tergantung pada salto seperti apa yang diinginkan. Ada beyberapa salto yang saya ketahui yang aman untuk dilatih sendiri (cth.salto belakang, kincir, salto depan). Ada juga salto yang pertamanya harus dibantu oleh orang yg telah pengalaman (cth. salto belakang tanpa tangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar